Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembahasan: Strategi Reciprocal Teaching (Lengkap)

Strategi Reciprocal Teaching - Apabila belum lama ini Anda sedang mencari informasi tentang "Strategi Reciprocal Teaching?" Lalu berusaha mencarinya melalui internet dan melihat situs Dosencoid ini dibagian atas pencarian google kemudian mengkliknya hingga sampai masuk ke sini. Maka kami ucapkan selamat datang untuk Sobat Pembaca semuanya, karena kalian sudah berada di tempat yang tepat.

Bicara mengenai Strategi Reciprocal Teaching bisa dibilang adalah hal yang cukup menyenangkan, terlebih untuk Anda yang memang sedang mencarinya. Nah kali ini kita akan mengupas seputar Strategi Reciprocal Teaching secara lengkap dan tersusun rapi supaya memudahkan Anda semua dalam memahaminya. Baiklah daripada kelamaan yuk langsung kita masuk ke pembahasannya saja.

Pembahasan Lengkap Strategi Reciprocal Teaching

Selamat datang di Pakdosen.co.id, web digital berbagi ilmu pengetahuan. Kali ini PakDosen akan membahas tentang Strategi Reciprocal Teaching? Mungkin anda pernah mendengar kata Strategi Reciprocal Teaching? Disini PakDosen membahas secara rinci tentang Pengertian, ciri, langkah, kelebihan, kekurangan. Simak Penjelasan berikut secara seksama, jangan sampai ketinggalan.

Strategi-Reciprocal-Teaching

Pengertian Reciprocal Teaching”

Pendidikan bersama adalah strategi yang dipelajari melalui pengajaran teman. Dalam strategi ini, siswa mengambil peran guru yang menggantikan peran guru dalam mengajar rekan kerja. Pembelajaran pendidikan timbal balik terbalik dikembangkan oleh Anmarie Palinscar dari University of Michigan dan Ane Crown dari University of Illinois, AS.

Pembelajaran terbalik “pendidikan bersama” adalah model pembelajaran yang menawarkan siswa kesempatan untuk belajar secara mandiri, kreatif dan aktif. Jika seorang siswa diberi kesempatan untuk mempelajari materi terlebih dahulu, siswa akan menjelaskan materi yang dipelajari kepada siswa lain. Guru adalah satu-satunya fasilitator dan panduan untuk belajar dan memodifikasi atau menjelaskan materi yang tidak dapat dipecahkan oleh siswa sendiri.


Ciri-Ciri Reciprocal Teaching

Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari pendidikan bersama.


1. Question Generating “Membuat Pertanyaan”

Strategi ini memberi siswa kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait materi yang sedang dibahas. Pertanyaan-pertanyaan tersebut diharapkan untuk mengungkapkan kemahiran dalam konsep materi yang dibahas.


2. Klarifikasi “penjelasan”

Strategi klarifikasi ini merupakan kegiatan penting selama pembelajaran. Ini sangat penting bagi siswa yang mengalami kesulitan memahami materi. Siswa dapat bertanya kepada guru tentang konsep yang masih sulit atau tidak dapat diselesaikan dalam kelompok. Selain itu, guru dapat mengklarifikasi konsep dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa.


3. Prediksi “prediksi”

Strategi ini adalah salah satu di mana siswa membuat asumsi dan menebak konsep apa yang akan dibahas presenter selanjutnya.


4. Summarizing “Merangkum”

Dalam strategi ini, siswa memiliki kesempatan untuk mengidentifikasi dan mengintegrasikan informasi yang terkandung dalam materi.


Strategi Reciprocal Teaching

Menurut Palinscar, model pendidikan bersama memiliki empat strategi:


  • Question Generating “Membuat Pertanyaan”

Strategi ini memberi siswa kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait materi yang sedang dibahas. Pertanyaan-pertanyaan tersebut diharapkan untuk mengungkapkan kemahiran dalam konsep materi yang dibahas.


  • Klarifikasi “penjelasan”

Strategi klarifikasi ini merupakan kegiatan penting selama pembelajaran. Ini sangat penting bagi siswa yang mengalami kesulitan memahami materi. Siswa dapat bertanya kepada guru tentang konsep yang masih sulit atau tidak dapat diselesaikan dalam kelompok. Selain itu, guru dapat mengklarifikasi konsep dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa.


  • Prediksi “prediksi”

Strategi ini adalah salah satu di mana siswa membuat asumsi dan menebak konsep apa yang akan dibahas presenter selanjutnya.


  • Summarizing “Merangkum”

Dalam strategi ini, siswa memiliki kesempatan untuk mengidentifikasi dan mengintegrasikan informasi yang terkandung dalam materi.


Langkah-Langkah Reciprocal Teaching

Model pendidikan bersama menerapkan empat strategi pemahaman diri. Yaitu, menyusun materi, menyelesaikan pertanyaan bersama, menjelaskan pengetahuan yang diperoleh, dan mengantisipasi pertanyaan berikutnya yang akan diberikan kepada siswa.


Menurut Palinscar dan Brown, langkah-langkah belajar pendidikan bersama adalah: “Sardiyanti, 2010: 19”:

1. Pembukaan

  • Pada tahap awal pembelajaran, guru bertanggung jawab untuk memimpin pertanyaan dan jawaban dan menerapkan empat strategi pembelajaran bersama, “pendidikan bersama”. Ia menerima, mengatur pertanyaan, menjelaskan lagi,

2. Penerapan

  • Guru menjelaskan bagaimana meringkas, mengatur, menjelaskan kembali, dan memprediksi pertanyaan
    Ketika menginstruksikan siswa untuk melakukan latihan menggunakan empat strategi pembelajaran
  • Bimbingan Bersama, guru meminta siswa untuk menyelesaikan apa yang diperlukan untuk tugas yang diberikan berdasarkan kepada

3. Penutup

  • Selain itu, siswa belajar memandu pertanyaan dan jawaban dengan atau tanpa guru.
  • Guru bertindak sebagai fasilitator dengan menilai kinerja siswa dan berpartisipasi aktif dalam pertanyaan dan jawaban tingkat tinggi.

Kelebihan dan Kelemahan Reciprocal Teaching

Keuntungan dan kerugian dari pendidikan bersama adalah:


1. Manfaat saling pendidikan

Terdiri atas:

  1. Kembangkan kreativitas siswa.
  2. Membina hubungan kerja sama antar siswa.
  3. Perkembangan bakat siswa, terutama sambutan dan sikap.
  4. Siswa lebih memperhatikan kelas karena mereka hidup sendiri.
  5. Kembangkan keberanian untuk berpikir dan berbicara di depan kelas.
  6. Latih siswa untuk menganalisis masalah dan menarik kesimpulan dalam waktu singkat.
  7. Kembangkan rasa hormat terhadap guru, terutama ketika siswa sibuk atau tidak memperhatikan, karena siswa merasakan guru ketika belajar.
  8. Dapat digunakan untuk banyak mata pelajaran dan alokasi waktu terbatas.

2. Kelemahan Reciprocal Teaching

Terdiri atas:

  • Kurangnya kejujuran siswa bertindak sebagai guru tidak mencapai tujuan mereka.
  • Pendengar yang “tidak berperan” menjadi guru dan sering menertawakan perilaku siswa yang merusak atmosfer.
  • Jika siswa tidak memperhatikan pelajaran dan hanya memperhatikan kegiatan siswa yang bertindak sebagai guru, akan sulit untuk mencapai kesimpulan akhir.

Demikian Penjelasan Materi Tentang Strategi Reciprocal Teaching: Pengertian, Ciri, Langkah, Kelebihan dan Kekurangan
Semoga Materinya Bermanfaat Bagi Siswa-Siswi

The post Strategi Reciprocal Teaching first appeared on PAKDOSEN.CO.ID.

ARTIKEL PILIHAN PEMBACA :
Memuat...

Kami cukupkan dulu Pembahasan: Strategi Reciprocal Teaching (Lengkap). Semoga uraian diatas dapat menambah wawasan untuk kita semua. Tak lupa kami haturkan terima kasih karena sudah mengunjungi situs dosencoid. blogspot. com dan membaca ulasan diatas hingga selseai. Jika dirasa masih ada hal yang mengganjal atau pertanyaan seputar uraian diatas bisa Anda sampaikan melalui kolom komentar. Sampai ketemu di postingan selanjutnya.

Post a Comment for "Pembahasan: Strategi Reciprocal Teaching (Lengkap)"